Gugunbakhtiar’s Blog

This Site about Article, Information, Automotive, Health and many…

AYO MERAWAT HELM MOTOR.

Posted by Gugun Bakhtiar pada Maret 1, 2009

Selain faktor keamanan, helm motor juga dapat menjadi ajang untuk bergaya. Tidak heran jika kini ada berbagai macam model helm motor. Mulai dari helm yang standar hingga yang model aneh dan lucu. Namun tetap saja helm tersebut dapat melindungi anda. Nah, jika anda memiliki helm motor favorit, sudah sewajarnya anda merawatnya dengan baik.

Pertama siapkanlah alat-alat yang diperlukan. Alat-alat untuk membersihkan helm motor dapat anda jumpai dimana-mana. Jadi anda tidak akan kerepotan menyiapkan perlengkapan membersihkannya. Alat-alatnya antara lain tisu, kanebo, pengharum, pembersih kaca dan kit pengilap.

Kedua, mulailah membersihkan helm dengan tepat. Bagian kaca dapat anda bersihkan dengan kanebo. Namun, lakukan dengan perlahan dan hati-hati dengan gerakan lurus ke bawah. Hal ini untuk menghindari debu atau partikel keras merusak atau mengores visor/kaca helm. Sebab, kaca helm yang tergores biasanya akan membuat pecah pancaran cahaya yang diterima khususnya ketika malam hari.

Ketiga, untuk kaca helm yang kotor karena debu atau serpihan serangga yang mati sebaiknya jangan dibersihkan langsung pake kanebo. Semprot atau basahi dulu kaca tersebut dengan air biasa atau air sabun. Lalu biarkan air tersebut bereaksi dengan debu atai kotoran hingga melarut. Setelah dua menit, keringkan dengan kain lap lembut untuk menyeka kaca. Kemudian setelah beberapa menit, baru anda dapat membersihkannya dengan menggunakan kanebo.

Setelah itu, siapkanlah pembersih kaca dan tisu. Semprotkan pembersih kaca ke kaca helm dengan takaran yang tepat. Lalu, keringkan dengan tisu kering. Untuk bagian luarnya anda dapat menggunakan kit/pengilap motor. Caranya hamper sama dengan membersihkan kaca hel. Hal ini bertujuan agar bagian luar helm anda terlihat mengilap dan keren.

Keempat, bagian dalam helm merupakan bagian yang paling penting. Sebab jika bagian dalamnya lembab dan tidak pernah dibersihkan akan menimbulkan bau tidak sedap. Solusinya semprotkan pengharum dengan aroma yang tidak terlalu menyengat sesuai selera anda. Contohnya anda dapat menggunakan pengharum untuk pakaian.

Terakhir paling tidak setiap dua minggu sekali cuci bagian dalam helm yang dapat dilepas. Caranya lepas bagian helm tersebut, lalu siapkan air panas dan deterjen. Rendam bagian tersebut kedalamnya lau bilas hingga bersih. Ingat jangan dikucek atau diperas karena dapat merusak bagian busa yang ada di dalamnya. Setelah itu segera keringkan di bawah sinar matahari. Selamat merawat helm anda.

Sumber (Kompas)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: