Gugunbakhtiar’s Blog

This Site about Article, Information, Automotive, Health and many…

ENAM JURUS MERAWAT RANTAI SEPEDA MOTOR

Posted by Gugun Bakhtiar pada Mei 18, 2009

Salah satu komponen dalam sepeda motor yang dapat menjamin keamanan dan kenyamanan dalam berkendara adalah rantai sepeda motor. Namun, terkadang beberapa orang kurang memperhatikan benda yang satu ini. Padahal jika tidak dirawat dengan benar. Anda dapat terkena resiko kecelakaan. Nah, berikut ini adalah beberapa kiat merawat rantai sepeda motor.

Pertama, periksalah bagian-bagian lain rantai secara teliti. Salah satu bagian yang perlu di periksa adalah bagian pin dan sambungan. Periksalah pin dan sambungan pada rantai apakah pemasangannya sudah benar. Perhatikan apakan ada perubahan posisi pin dan sambungan. Sebab, jika terjadi kesalahan dalam pemasangan atau posisi klip/penguncinya berubah dapat menyebabkan rantai lepas dari sambungan. Biasanya hal ini terjadi ketika anda memacu sepeda motor dalam kecepatan tinggi atau memacu sepeda motor dengan beban yang berat.

Kedua, ukurlah tingkat kekencangan pada rantai. Jarak simpangan atau ukuran kekencangan dapat mempengaruhi kencang atau kendurnya rantai. Oleh sebab itu, simpangan atau jarak kekencangan rantai harus diperhatikan. Informasi tentang hal ini dapat anda lihat pada stiker yang ada di tutup rantai roda.

Ketiga, periksalah posis antara rantai dengan penutupnya. Aturlah posisi rantai dengan penutupnya agak renggang. Hal ini akan menghindari terjadinya gesekan antara rantai dengan penutupnya sehinga dapat mengurangi keluarnya suara yang bising.

Keempat, pilihlah pelumas yang tepat untuk rantai anda. Hal ini akan membantu juga mengurangi keausan rantai dan sprocket-nya dari gesekan. Selain itu, pelumas pun dapat membuat umur rantai lebih awet.

Kelima, segeralah periksa jika terdengar suara-suara yang aneh keluar dari rantai sepeda motor anda. Hal ini penting untuk menghindari berbagai macam kemungkinan yang dapat terjadi. Jika  terdengar suara seperti ini, segera berhentikan sepeda motor, kemudian periksa apakah penyebabnya. Biasanya, salah satu penyebab timbulnya suara adalah karena longgarnya rantai sepeda motor.

Keenam, periksalah kebersihan rantai sepeda motor anda. Ya, perawatan rantai sepeda motor agar tetap bersih perlu dilakukan secara berkala. Hal ini penting karena dapat mempengaruhi kekuatan rantai sepeda motor.

Satu Tanggapan to “ENAM JURUS MERAWAT RANTAI SEPEDA MOTOR”

  1. Di tunggu ya komentarnya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: