Gugunbakhtiar’s Blog

This Site about Article, Information, Automotive, Health and many…

6 Cara Hindari Stres Paling Manjur

Posted by Gugun Bakhtiar pada Desember 18, 2014

Sepanjang tahun 2014 angka kematian akibat bunuh diri di dunia semakin meningkat. Bahkan diumumkan oleh World Health Organization (WHO) sebagai masalah global yang harus ditangani serius.

Menurut laporan WHO, setiap 40 detik ada 1 orang di dunia yang meninggal akibat bunuh diri dan setiap tahun ada 800 ribu orang yang bunuh diri. Stres dan depresi dikatakan adalah salah satu penyebab tingginya angka kematian akibat bunuh diri tersebut.

Oleh karena itu, penting bagi seseorang untuk selalu menjaga kesehatan mentalnya. Dikutip dari berbagai sumber pada Rabu (17/12/2014), berikut adalah cara-cara yang bisa dilakukan seseorang untuk menghindari stres:

1. Olahraga

Menurut The Mental Health Foundation, saat seseorang berolahraga tubuh akan melepaskan hormon gembira endorfin membuat suasana hati menjadi lebih baik. Olahraga seperti lari misalnya, selain mudah dan murah hampir semua orang bisa melakukan hal tersebut.

“Selain baik secara fisiologis, baik juga secara psikologis. Saya menemukan waktu untuk berpikir dan sebagai hasilnya saya merasa lebih baik dari stres. Tak ada seorang pun yang saya kenal yang berlari dan tidak merasa lebih baik setelahnya,” imbuh Profesor Lewis Wolpert, seperti dikutip dari BBC.

2. Minum teh hijau

Selain berkhasiat sebagai penurun berat badan, teh hijau juga dapat mengurangi rasa depresi karena mampu membuat tenang. Karena tidak melalui proses oksidasi, teh hijau memiliki senyawa fenolik yang ampuh mengobati beberapa penyakit seperti sakit kepala, nyeri pada tubuh, dan juga depresi.

Jika ingin mendapatkan manfaat dari teh hijau, buatlah secangkit teh hijau yang berasal dari daun teh kering. Kemudian seduh daun teh dalam air panas selama 2-3 menit untuk mendapatkan manfaat terbaiknya.

“Teh hijau dalam kemasan sepertinya sudah mengandung banyak zat tambahan lain seperti gula dan ekstra kafein,” imbuh Dr Karl S. Kruszelnicki dari University of Sydney.

3. Latihan relaksasi

Latihan relaksasi bisa dilakukan melalui meditasi, yoga, atau yang simpel yakni belajar mengatur pernapasan.

Metode yang digunakan oleh psikolog dari University of Cambridge misalnya  menyarankan seseorang merilekskan diri dengan menggunakan gambaran-gambaran visual untuk memicu munculnya memori tertentu yang menyenangkan.

Dengan terbiasa melakukan relaksasi, seseorang bisa melepas ketegangan di otot dan stres yang menumpuk di pikiran. Sempatkan latihan relaksasi meski sedang tidak stres untuk mengantisipasi stres yang mungkin akan datang di kemudian hari.

4. Bicarakan

Kadang perasaan stres yang menumpuk dapat membuat seseorang depresi, menjadi lebih menyendiri dan tak mau bersosialisasi. Jika kondisi ini terus dibiarkan maka risiko bunuh diri akan semakin besar sehingga penting bagi seseorang untuk menceritakan masalahnya pada orang lain.

Dengan membicarakan masalah dengan orang lain atau seorang konsultan kejiwaan, seseorang dapat memperoleh dukungan moral yang ia butuhkan dan hal ini mengurangi stres.

5. Luangkan waktu untuk hobi

Para ahli saraf mengatakan ketidakseimbangan yang dihasilkan saat mengamali stres dan depresi dapat memengaruhi kemampuan otak untuk berkomunikasi dengan dirinya sendiri. Akibatnya bisa membuat Anda lebih rentan untuk mengalami penyakit mental.

Untuk menghindari hal tersebut berikan waktu bagi diri untuk bersenang-senang secara teratur tanpa merasa bersalah. Hal ini bisa dilakukan dengen menyelipkan kegiatan yang menyenangkan atau hobi dengan rutin setelah urusan pekerjaan selesai.

Lebih baik lagi kegiatan bersenang-senang dihabiskan bersama teman sehobi sehingga tidak hanya pikiran yang bebas stres tapi hubungan sosial juga terjalin.

6. Seimbangkan kehidupan kerja

Usahakan meninggalkan kantor tepat waktu dan usahakan jangan bawa pekerjaan ke rumah karena beban kerja yang terlalu berat dapat membuat stres.

Selain itu jangan menerima pekerjaan tambahan jika tidak berminat untuk mengerjakannya. Hal tersebut dapat membuat tubuh lebih terasa lelah dan memberikan beban psikis yang berlebihan.

sumber : http://health.detik.com/artikelpilihan/read/2014/12/17/182947/2780614/763/7/6-cara-hindari-stres-paling-manjur#kanan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: