Gugunbakhtiar’s Blog

This Site about Article, Information, Automotive, Health and many…

Tak Bisa Olahraga Berat untuk Jaga Jantung? Yoga Saja Cukup Kok

Posted by Gugun Bakhtiar pada Desember 18, 2014

Rotterdam, Demi menjaga kesehatan jantung, biasanya seseorang akan melakukan latihan fisik yang cukup menguras tenaga seperti berenang, lari atau tenis. Tetapi siapa sangka yang ringan-ringan seperti yoga ternyata juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung lho.

Yoga masih diakui manfaatnya terhadap kesehatan karena latihan ini sebenarnya bentuk kuno dari olahraga. Apalagi tiap gerakan yang ada difokuskan untuk meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas, bahkan memperbaiki sistem pernapasan. Namun untuk menjaga kesehatan jantung, belum ada studi yang memastikan apakah yoga mampu memberikan manfaat sejauh itu.

Kemudian peneliti melakukan review terhadap 37 studi yang melibatkan 3.000-an partisipan. Dari situ justru ditemukan bahwa rutin berlatih yoga saja sudah cukup mampu menurunkan faktor risiko gangguan pada jantung seperti tekanan darah maupun kadar kolesterol yang tinggi.

“Bila dibandingkan dengan tidak olahraga sama sekali, yoga memang memberikan manfaat yang signifikan, terutama dalam menurunkan risiko obesitas, hipertensi dan naiknya kadar kolesterol,” papar Prof Myriam Hunink, seperti dikutip dari BBC, Kamis (18/12/2014).

Bahkan ketika peneliti dari Erasmus University Medical Center, Rotterdam itu membandingkannya dengan jenis olahraga lain seperti jalan cepat atau jogging, yoga juga terbukti berdampak positif untuk menurunkan risiko gangguan pada jantung, seperti halnya jogging dan jalan cepat.

Sayang Prof Hunink mengaku belum tahu pasti mengapa latihan yoga dapat menjaga kesehatan jantung. Ia hanya menduga yoga dapat mengurangi risiko sakit jantung karena memberikan efek yang menenangkan. Lagipula selama ini stres kerapkali dikaitkan dengan risiko sakit jantung, serta hipertensi, dan yoga telah lama diketahui dapat meredakan gejala stres.

“Kalau tidak, ini bisa juga karena yoga berdampak terhadap otot dan sistem pernapasan. Sebab yoga membawa lebih banyak oksigen masuk ke tubuh, yang pada akhirnya memicu penurunan tekanan darah,” timpal Maureen Talbot dari British Heart Foundation namun tidak terlibat dalam studi ini.

Sebelumnya dr Erik R Purba, SpPD, ahli penyakit dalam dari Bunda Heart Center Jakarta mengatakan gangguan pada jantung dapat dihindari dengan cara yang sangat sederhana. “Jalan saja lari selama setengah jam setiap pagi, atau minimal lima hari dalam seminggu,” saran dr Purba kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Selain rutin berjalan pagi, mengurangi konsumsi garam, memakan makanan kaya serat, memulai gaya hidup berpikir positif, menjaga berat badan, mengurangi atau menghentikan kebiasaan merokok, termasuk mengurangi stres juga dikatakan dapat menurunkan risiko jantung sakit-sakitan di kemudian hari.

sumber : http://health.detik.com/read/2014/12/18/070208/2780852/763/tak-bisa-olahraga-berat-untuk-jaga-jantung-yoga-saja-cukup-kok?l992205755

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: